Politik

Bentuk Wadah Forum Komunikasi Caleg Berkarya Pileg 2019, Perihal PAW Partai Berkarya Dinilai Tidak Ada Komunikasi Terlebih Dulu

HARITA.ID – Sejumlah Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Berkarya Cilegon yang menjadi peserta pada Pileg 2019 lalu dan Kader berkumpul untuk melakukan musyawarah perihal kondisi terkini Partai, salah satu nya membahas perihal Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kota Cilegon Partai Berkarya yang saat ini Kembali maju sebagai Caleg melalui Partai lain.

Dalam musyawarah yang dilaksanakan di salah satu rumah makan pada minggu 17 September 2023, mereka pun membentuk wadah yang dinamai Forum Komunikasi Caleg Partai Berkarya 2019.

Perihal PAW mereka bersepakat agar dilaksanakan, namun pengurus Partai harus terlebih dahulu menempuh mekanisme, regulasi yang ada agar nantinya tidak timbul persoalan.

“Selama ini belum ada Komunikasi apa pun yang masuk kepada saya, mekanisme dan aturan Partai harus ditempuh, Caleg ini semua nya tidak dilibatkan, kecuali orang-orang yang mungkin akan dikandidatkan, jadi masih terselubung itu” ucap Drs. Sariman yang tercatat sebagai Caleg di dapil grogol-Merak saat Pileg 2019 saat diwawancarai awak media

Senada apa yang di sampaikan H. Saliman, Tubagus Romli Caleg Berkarya pada 2019 Dapil Jombang-Purwakarta menyatakan perihal PAW ia pun tidak pernah mendapat Informasi dan dilibatkan oleh Unsur Pimpinan Partai Berkarya, dan apa bila PAW tetap dilaksanakan tanpa adanya musyawarah, pihak nya berencana akan menempuh melalui jalur hukum.

“Mengenai PAW saya pun tidak tau siapa orang-orang nya, dan bila perlu jangan dulu karena tidak ada konfirmasi, tidak ada komunikasi dan musyawarah dengan Caleg-caleg yang lain, dan tuntutan kami jika PAW ini terjadi dengan jalan sendiri, kami dari Forum akan menjegal nya dan menuntut balik” Tutur nya

Selain pembahasan PAW, Forum tersebut juga mempertanyakan tentang bantuan dana untuk Partai Politik yang selama ini tidak ada kejelasan.

“Selama ini dari awal sampai detik ini tidak ada kejelasan, tidak ada kontribusi atau pun hak-hak kami, 36 caleg, di komunikasikan atau dibayarkan, tidak ada sama sekali, jadi kita akan mempertanyakan dana bantuan untuk Partai dari kesbangpol ini” Jelas nya.

Tentang calon PAW, H. Rebudin Kader Senior Partai Berkarya yang turut hadir menyatakan secara garis besar ia mengetahui dari pemberitaan media, dimana dikabarkan telah muncul nama-nama, namun yang disayangkan, dari Informasi yang disampaikan para Caleg, mereka tidak dilibatkan dalam penetapan nama-nama tersebut.

“Poin nya yang saya tangkap mereka legowo (PAW) siapa pun itu nama calon nya, selama (Partai,Red) mengikuti aturan, kawan-kawan ini kan memiliki hak suara didalam perjuangan nya pada 2019 lalu, tapi dari pemberitaan itu konon kata nya udah muncul calon PAW di setiap dapil” Terang nya.

Dengan kondisi ini, Dikatakan H. Rebudin bahwa Forum Komunikasi Caleg Partai Berkarya 2019 akan melayangkan Surat Hearing ke Unsur Pimpinan DPRD Kota Cilegon, termasuk akan melakukan Komunikasi ke Kesbangpol perihal dana Bantuan Partai Politik

“Dari hasil musyawarah, kita akan melayangkan Hearing, melayangkan surat, bertabayun ke Unsur Pimpinan DPRD Cilegon, dan kalau perlu melakukan Komunikasi ke Kesbangpol, dan sepengetahuan saya bantuan partai politik diberikan setiap tahun anggaran, tentang besaran nya berapa ini lah yang menjadi musyawarah diantara para Caleg ini”ucap H. Rebudin. (Zar/Red)

Harita.id

Leave a Reply