Kota Cilegon

Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Bakal Bangun Gedung Perpustakaan Bagi Masyarakat Cilegon Di Tahun 2025

HARITA.ID – Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (DPK) Kota Cilegon akan membangun gedung perpustakaan Kota Cilegon didepan gedung DPKAD Kota Cilegon.

Sebagai informasi gedung perpustakaan yang dibangun oleh DPK Cilegon tersebut sedang melakukan koordinasi dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) agar segera menggelontorkan bantuan pembangunan Gedung Perpustakaan bagi masyarakat Cilegon.

Kepala DPK Kota Cilegon Ismatullah mengatakan pihaknya akan merencanakan sebuah gedung pembangunan untuk perpustakaan bagi masyarakat Cilegon.

Hal tersebut,dilakukanya, dalam upaya meningkatkan minat baca bagi warga Cilegon.

“Maka insya Allah kita sedang merencanakan pembangunan Gedung Perpustakaan di area depan DPKAD yang lebih refrentatif lagi buat masyarakat Cilegon,”kata Ismat saat dikonfirmasi di CCM di kegiatan Pesta Literasi Cilegon, Minggu 24 September 2023.

Selain akan membangun gedung perpustakaan di depan gedung DPKAD,Ismat juga meminta doa restu kepada warga Cilegon agar proses pembangunan gedung perpustakaan yang refresentatif untuk warga Cilegon bisa segera terwujud.

“Semoga yang kita lakukan itu menjadi prasarat dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Kota Cilegon,”harap Ismat.

Ismat yang juga mantan Kadindikbud Kota Cilegon menyatakan, gedung perpustakaan yang akan dibangun bagi masyarakat Cilegon itu sendiri tanahnya sudah ada, dan tanah tersebut milik lahan Pemkot. Maka lanjut Ismat, dari tanah lahan milik Pemkot Cilegon yang akan dibangun gedung perpustakaan itu sekitar empat ribu meter persegi.

Oleh sebab itu, lanjut dia, pihaknya juga akan berusaha melakukan koordinasi dengan pusat khususnya kepada Perpustakaan Nasional (Perpusnas) agar segera menggelontorkan dana untuk membangun gedung perpustakaan bagi masyarakat Cilegon.

“Iyah tanahnya sudah kita miliki. Sekitar 4 ribu meter. Maka dengan sudah ada tanah 4 ribu hektar ity rencananya kita bangun di tahun 2024. Namun, karena¬† di tahun 2024nya bantuan dari pusat tidak ada.Maka kita akan susul 2025. Semoga tidak ada kendala dan berjalan dengan lancar,”paparnya.

Selain berusaha melakukan koordinasi dengan Perpusnas,Ismat juga menyebutkan bantuan yang akan digelontorkan oleh pusat itu mencapai belasan milyar di tahun ini.

Namun, adapun untuk tahun 2024 mendatang dirinya tidak mengetahui berapa besaran yang akan dikucurkan oleh pusat melalui Perpusnas.

Maka lanjut dia, dengan akan dibangunya sebuah gedung perpustakaan Kota Cilegon diharapkan dapat meningkatkan infrastruktur minat baca warga Cilegon.

Ditambah lagi, gedung akan dibangun tersebut sangat strategis. Karena, berdekatan dengan CCM atau pusat pusat pembelanjaan bagi warga Cilegon dan juga ada terdapat fasilitas fasilitas pelayanan terhadap masyarakat Cilegon. Baik itu dari milenial ataupun para tokoh alim ulama di Kota Cilegon.

“Untuk bantuanya insya Allah yang sedang kita kejar itu mencapai di tahun 2023 11 Milyar. Tapi tidak tahun 2024. Dan itu salah satunya meningkatkan infrastruktur minat baca. Dan ternyata karena bangunan gedung baru Perpustakaan berdekatan dengan Mal maka harapan kita dapat meningkat lagi. Karena di fasilitas perpustakaan ada fasilitas fasilitas milenial. Sehingga tidak hanya baca buku saja. Tapi bermain musik, wifi gratis, dan nanti ada pojok buku buat wanita, untuk pria, untuk pelajar, untuk para kiyai dan ustad, bahkan kita juga akan menyediakan buat tunatera,”ujarnya. (Zar/Red)

Harita.id

Leave a Reply